8.17.2014

RETURN TICKET - BERKUNJUNG KE NEGERI PALING BAHAGIA SEDUNIA DAN TEMAN - TEMANNYA

KENAPA BELA - BELAIN TRAVELING?

You know what pathetic employee is? Yes, kind of one yang menggantungkan semangat kerjanya di jatah cuti 12 hari yang dipakai buat jalan- jalan. Abis balik jalan - jalan si pathetic pun uring - uringan lagi. Setahun itu diusahain jalan - jalan sesering mungkin. Biar semangat kerja katanya. Traveling itu pelarian pokoknya. Oh iya, saya sendiri DULU masuk kategori ini *uhuk*

Sekitar 2 tahun yang lalu saya sempat jadi pengangguran abis resign dari kantor yang lama. Waktu itu niatnya sebenarnya ogah buat kerja kantoran lagi. But at the end I still end up sebagai pekerja kantoran *sigh*. Semenjak balik ngantor lagi (which is kantor yang sekarang) saya sudah putusin enggak akan mau lagi jadiin traveling sebagai pelarian. Ogah!! I should enjoy the remaining days in a year not only those 12 days. Tapi saya akui, traveling itu banyak manfaatnya. Banyak 'piknik' itu bikin kita jadi ga kuper, lebih toleran, lebih tertib, lebih mandiri, lebih hemat dan sering kali balik - balik traveling itu suka dapat inspirasi baru. Jadi saya putusin bahwa tiap tahun saya harus tetap ada traveling. Enggak perlu dipaksaian sering - sering. Yang penting harus ada ke tempat yang bener - bener beda dan benar - benar  butuhin usaha.

Tahun 2012 saya mulai segala jenis penghematan. Saya ndak traveling kemana - kemana demi penghematan jatah cuti dan pengeluaran. Cuti selama setahun endak saya ambil sama sekali. Niatnya biar libur lebaran 2013 bisa dibablasin buat abisin cuti. Waktu itu keponakan saya baru lahir di Belanda dan menginjakkan kaki di Eropa merupakan salah satu item di bucket list saya :) Jadi klop lah. Jatah cuti satu tahun plus libur lebaran saya gabungin buat bisa Euro Trip di tahun 2013.

Akhir tahun 2013 saya sudah mulai mikir lagi libur lebaran 2014 mau kemana. Heboh bener udah disiapin berbulan - bulan sebelumnya? Iya dong, kan prinsipnya sekarang traveling itu buat self development dan cari pengalaman baru. Jadi harus ke tempat yang memang benar - benar butuhin usaha. And yes, enggak sebentar buat nyiapin semuanya. Ada beberapa ide tempat buat dikunjungi sebenarnya. Tapi saya terhalang masalah utama: "GA ADA TEMAN YANG BISA DIAJAK JALAN BARENG". Well, di umur segini, hal paling nyambung buat dibahas dilingkungan pertemanan saya terkait libur lebaran adalah:
1. Duh, si mba abis lebaran balik ga ya?
2. Kira - kira si mba ntar minta cuti berapa lama ya? dan sejenisnya.

Akhirnya ide solo traveling pun muncul. Saya belum pernah solo traveling ke negeri orang tapi sudah sering baca artikel - artikel dan pengalaman orang tentang solo traveling yang katanya at least once in your life you should do it. But I'm not that brave honey. Dengan pertimbangan sana sini akhirnya saya putusin buat solo traveling ke negara - negara yang cukup terkenal aman aja. Dan ga usah lama - lama. Pengalaman pertama mah hitung - hitung belajar dulu aja. That's it. I'll go to Scandinavia for 8 days (only) and spend about 2 weeks in Netherland (masih kangen ponakan euy..). Terus kenapa harus keluar negeri? Karena bisa survive di negara yang orang - orangnya, kondisinya, dan segala sesuatunya serba asing pasti lebih ngasih pengalaman daripada traveling di negeri yang kita sudah familiar. Menurut sayaaa.. :)

HOLA NETHERLANDS!! :)
Sehari sebelum berangkat saya wotsapan dengan abang saya yang tinggal di Belanda. Dia mastiin saya naik pesawat apa sambil ngasih tau kalau baru saja ada pesawat MAS yang jatuh ditembak. Saya langsung cari infonya di internet dan merasa sedih yang luar biasa. Terserah deh mau dibilang lebay. But imagine if one of the passenger is ur family, your friend, or maybe yourself. Kebayang sedihnya luar biasa. Setahun yang lalu waktu balik ke Jakarta dari Amsterdam saya juga naik MH17. Jam dan rute yang sama persis. Waktu itu saya sempat ngobrol dengan salah satu flight attendantnya sebelum boarding. Saya lupa namanya :( Sepertinya dia salah satu flight attendant senior kalau dilihat dari usianya dan waktu naik ke pesawat saya sempat lihat dia siap - siap untuk bertugas di area depan atau tempat penumpang business class. Kita sempat ngobrol - ngobrol karena waktu itu teman saya memang lagi kabur buat beli titipan. Dia malah sempat minta email dan no saya. Sayangnya saya enggak minta email dan no nya si Bapak. Karena waktu itu dia sudah harus bersiap - siap untuk segera masuk ke pesawat. Waktu dengar berita MH17 jatuh ditembak, saya langsung teringat si Bapak. Mudah - mudahan dia tidak ada di pesawat itu :(

Sepertinya beberapa teman dan keluarga juga jadi khawatir. Enggak ngomong terang - terangan tapi dari nada suara dan pertanyaan mereka saya tahu mereka khawatir. Apparently, all of those things affecting me. Karena terus - terusan ditanyain dan diingetin soal rute pesawat, kemungkinan penembakan lagi plus exciting pula jadi asli  Kamis malam saya sudah engga bisa tidur sama sekali. Pesawat saya berangkatnya Sabtu dini hari jam 00 sekian. Jadi saya ke bandara jumat malam udah kaya ngezombie sebenarnya. Ngantuk kali! Begitu pesawat lepas landas saya langsung ambil posisi tidur. Saya tahu makan malam pasti segera dibagiin. Tapi ngapain juga makan jam segitu. Paksain tidur pokoknya. Sayangnya dua manusia yang duduk disebelah saya berisik bener!! Nonton pake earphone tapi suaranya kemana - mana. Set dah ga kurang kenceng tuh mas mba volumenya? Belum lagi kalau dua - duanya udah sok unyu - unyuan manja - manjaan. Berisik! (eh ini bukan sirik ya). Alhasil selama perjalanan Jakarta - Dubai sekitar 8 jam saya batal tidur. Sedih :( Udah skip makan, ga tidur bisa tidur pulak *ya siapa suruh!*

Dubai ke Amsterdam memakan waktu sekitar 7 jam. Saya paksain buat engga tidur sekalian dan kali ini engga mau ketinggalan jatah makan. Laper bok! Oh iya dari Dubai ke AMS itu pakainya Airbus 380! Yeiyyy!! :) Nyampai Amsterdam saya (dan abang saya yang udah nungguin di Schipol) engga langsung cabut ke Delft tempat dia tinggal tapi ngacir dulu ke Den Haag buat jemput ponakan dan kaka ipar yang sedang ngadem di mall. Katanya Delft lagi panas - panasnya jadi ponakan saya suka rewel di rumah. Abang saya cerita kalau mereka ngadem di mall terbesar yang ada di Den Haag. Secara Den Haag itu pusat pemerintahan dan merupakan salah satu kota terbesar di Belanda saya sempat bengong waktu tahu ternyata mall terbesar di Den Haag itu kurang lebih kaya... emm... Ramayana & Robinson deh kalau disini. Hehhehehe.

Ternyata engga perlu ngalamin jet lag. Engga tidur 2 malam bikin saya tidur pulas waktu nyampe Delft. Bangun pagi udah segar lagi. Senang dan bersyukur bisa balik ke Delft. Delft masih cantik. Es krim Bram Ladage 50 cent masih jadi favorit saya (yes, it's lame. But I love the price and the taste), oostpoort masih tetap jadi tempat merenung andalan, dan Delft Markt alias centrum area masih jadi tempat nonkrong paling menyenangkan. Lop yu Delep :) :)

Delft Oostpoort

Delft Markt

HELLOW THE HAPPIEST COUNTRY ON EARTH!!
Say bye to Delft for a while. Setelah hampir seminggu di Delft saya mulai perjalanan ke negara lain sendirian. Negara pertama adalah Denmark. Negeri yang menurut UN report adalah negara paling bahagia sedunia. Dan jujur alasan saya mengunjungi negara ini karena penasaran dengan predikat tsb.

Naik kereta dari Amsterdam ke Copenhagen ternyata lebih mahal daripada naik pesawat. Bisa belasan jam pulak. Jadi akhirnya saya putusin naik pesawat. Saya naik SAS yang kalau dirupiahin tiketnya sekitar 1,5jt rupiah (iyes, kereta lebih mahal dari itu. Males..). Kalau naik SAS bagasinya gratis kok. Mengingat kedepannya saya bakal banyak naik budget airlines yang bagasinya kudu bayar, jadi saya ga mau sia - siain yang namanya jatah gratisan. Carrier bag yang beratnya engga seberapa saya masukin bagasi aja. Ternyata itu kesalahan besar. Waktu nyampai Kastrup Airport, ternyata bagasinya delay *sigh*. Bagasi aja bisa delay saya juga ga ngerti sih. Butuh hampir satu setengah jam kayanya sampai akhirnya saya bisa manggul si carrier bag lagi. Pesawatnya sendiri juga delay waktu berangkatnya. Dan waktu nyampai Kastrup kita juga ketahan ga bisa masuk terminal kedatangan. Pintu masuk terminal dikunci dan enggak ada yang jaga. Sampai salah satu penumpang sangkin keselnya sampai teriak "What a nice welcome!!" Hehehhe.. waktu itu saya mulai meragukan cerita - cerita tentang negara - negara Scandinavia yang katanya rapi, teratur, tepat waktu dan efisien. Yah tapi anggap saja saya lagi sial. Hal tsb mungkin sebenarnya amat sangat jarang terjadi. Kebetulan aja terjadinya pas saya berkunjung :D

In front of train station Copenhagen
Dari airport saya naik kereta ke pusat kota alias ke stasiun kereta. Tempat saya menginap memang dekat stasiun kereta. Dari awal yang paling saling takutin tentang jalan sendirian adalah ENGGA BISA BACA PETA. Saya malas kalau harus nyasar sendirian. Waktunya jadi kepotong banyak buat muter - muter terus capek pulak. Kemampuan saya baca peta menurut saya waktu itu jauh dibawah rata - rata. Saya engga takut soal kesepian dijalan atau ga punya teman ngobrol. Saya yakin pasti ada lah yang ngajak ngobrol. Saya juga anaknya terbiasa HeRi alias Heboh Sendiri dengan kamera saya. Lonely will not be an issue. Tapi nyasar will definitely be an issue! Bleh!!

Waktu di Kastrup saya sempat ambil peta gratisan sebenarnya. Tapi begitu sampai stasiun kereta entah kenapa saya malas buka petanya. Saya malah bukanya screen capture google maps cara ke penginapan dari stasiun yang sudah sempat disave di hp. Mungkin karena saya sudah mencap diri saya ga bisa baca peta, ya udah saya jadi ga bisa beneran. Instead of benar - benar merhatiin petanya dan mikirin titik saya berdiri, saya malah muter - muter ga jelas di jalanan. Ada sekitar setengah jam saya cuman muter - muter bengong ga jelas. Hampir aja saya numpang tanya sampai akhirnya saya sadar, dari tadi tiap muter - muter saya mulai dari belok kanan begitu keluar pintu stasiun. Kenapa kali ini ga coba belok kiri. Dan ternyata belum sempat jalan, baru muter badan ke kiri doang, sudah terlihatlah papan yang bertuliskan nama penginapan saya. Iyes, ternyata penginapan saya tepat disebelah kiri stasiun kereta. Gitu keluar dari stasiun tinggal ngelirik ke sebelah kiri doang udah keliatan dengan jelasnya. Tuh kaannn.... *nangis*

Di Copenhagen saya nginap di hostel (tentunya). Mix dorm yang isinya 6 orang. Kamarnya sempit terus dijejelin tempat tidur 6 biji dan pakai bed curtain. Kebayang kan panasnya kaya apa. Harganya sekitar DKK 339 atau 750rb kalau dirupiahin. Mahal sih menurut saya. But, hey it's Scandiv! What do you expect. Oh iya di hostel ini juga WAJIB buat sewa bed linen (baru tau belakangan setelah booking) dan disediain loker tapi gemboknya bawa sendiri. Dududududu...
Bed curtain for each bed
Dikamar saya penghuninya ada 5 orang termasuk saya. Ga ada yang ngajak saya ngobrol. Cuma say hi terus mereka sibuk ngobrol ma teman masing - masing. Tenyata mereka travel bedua - bedua. Mereka HeRi dengan temannya, saya pun HeRi dengan kamera dan fasilitas wifi gratis. Gpp.. *peluk bantal*

Waktu akhirnya saya mulai city sightseeing di Copenhagen, mau ga mau terpaksa saya mulai buka peta dan paksain buat belajar. Ternyata peta gratisan yang saya dapat dari airport detail banget. Dan ternyata baca peta itu ga susah. Hehhe.. Susah itu kalau kita udah mikir susah duluan. Yakin ga bisa ya udah jadi beneran ga bisa. Memang kadang saya jadi suka melakukan gerakan aneh dijalan. Yah semacam menyesuaikan posisi peta dengan tempat saya berdiri atau sebaliknya. Tapi cuek aja. Semua orang yang jalan sambil pegang peta juga melakukan hal yang sama. Akhirnya saya sukses jalan - jalan bermodalkan peta tanpa nyasar berlebihan seperti yang saya takutkan. Hey, I already got a new lesson from this trip :D
Change of guards at Amalienborg Palace Copenhagen
Copenhagen is a nice city tapi in the end ga terlalu berkesan sih buat saya. Hehhehe. Mungkin karena agak kebanting dengan negara - negara lain yang saya kunjungi sesudahnya. Di Copenhagen saya lebih banyak city sightseeing aja. Muter - muter di Stroget (tempat belanja paling hip di Copenhagen) tapi tentunya saya tidak belanja :D, terus ke Nyhavn ngeliat rumahnya H.C Andersen, ke patung little mermaid yg ternyata memang little itu, ngeliat pertukaran penjaga di Amalienborg Palace, ke Marble Church (di jam - jam tertentu bisa naik ke church tower buat lihat Copenhagen dari atas) plus kastil - kastil yang memang banyak di Copenhagen. Dari semua sih yang paling seru saya bilang nontonin pergantian penjaga di Amalienborg Palace. Terus tempat yang paling saya suka adalah Nyhavn. Daerahnya cantik dan enak buat nongkrong duduk - duduk.

Nyhavn Copenhagen
Copenhagen memang nyaman dan cantik kotanya. Bersih dan teratur juga. Tapi ya engga terlalu spesial dan beda dengan kota - kota lain di Eropa sih. Tadinya saya pikir dengan predikat negeri paling bahagia sedunia bakal ada apa lah tentang kotanya (emang ngarep apeee??). Mungkin karena saya stay cuma bentar banget. Tapi tahun lalu waktu saya ke Geneva juga cuma sebentar. Tapi saya bisa merasakan betapa bersih, teratur, rapi dan beda negara itu dibanding negara Eropa lain. Tapi ahh, sudahlah... Copenhagen itu menyenangkan kok. Mungkin saya aja yang terlalu ngarep macem - macem. Hehheheh

Oh iya ada satu yang menarik waktu saya muter - muter di Copenhagen, saya nemu yang namanya Happy Wall. Bentuknya seperti ini:

Dari Copenhagen tujuan saya berikutnya adalah Oslo. Setelah browsing sana sini, cara termurah adalah naik kereta dulu dari Copenhagen ke Malmoo Swedia. Keretanya ngelewatin laut. Nama jembatannya Oresund. Kalau suka nonton serial "The Bridge" pasti tau jembatan ini. Dari Malmoo saya lanjut naik bus ke Oslo. Berangkat dari Malmoo sekitar jam 11 malam, nyampai di Oslo jam 6 pagi. Dan bus nya, oh my God. Saya belum pernah naik bus senyaman itu. Dalam busnya mah biasa aja kaya bus yang lain. Tapi mesinnya enggak berisik. Terus yang nyetir enak banget. Engga ngerti emang dia jago ngeremnya apa ni bus emang ga berasa kalau ngerem. Halah! Wifinya juga kenceng. Tapi saya sih lebih milih tidur daripada internetan :D
Oresund bridge
And apparently, the real adventure is started in Norway :) :)

1. Ima.. Aku baru mau mulai solo traveling. Yah berhubung aku mau simple, gak ribet kl rame2. Rencananya akhir tahun ini mau nyoba membolang tp domestik dulu lah, hehe... Ky-nya aku perlu berguru samamu kali ya udah sampe Eropa sendirian. Next time mau jalan kabarin lah kalo boleh ikutan jd travel buddy.

1. Oiii Ramses :) Mari kita saling belajar :D Ntar sharing2 juga ya ces cerita membolang-nya. Saling ngabarin lah yak kalo ada rencana jalan. Sapa tau bisa bareng2. Tapi tahun ini blm ada renc jalan2 lagi yg rada jauhan sih ces. Nyangkul sawah dulu kayanya :D

2. Hai ima... cerita nya seruuu seruuu semua sampe hbs aku baca semua tulisannya...hehehe
    next year mw ke copenhagen dan iceland semua boleh kah minta itin nya ?

1. Halo, info alamat emailnya ya. Ntar saya kirim :)

2. Maaf lama reply nya nggak ngeh klo ada balesan emailnya arimbi.ina@gmail.com makasiih

3. hello imaa, mau dong dikirimin itin nya di copenhagen dan norway. ke alinee_31@yahoo.com yaa. next year rencana mau solo traveling jg ke 2 negara tsb. trimakasiih